Sabtu, 17 Maret 2018

Sejumlah Larangan Yang Tidak Boleh Di Langgar Di Hari Raya Nyepi

Sejumlah Larangan Yang Tidak Boleh Di Langgar Di Hari Raya Nyepi
Sejumlah Larangan Yang Tidak Boleh Di Langgar Di Hari Raya Nyepi
Liputanhidup.com - Aturan ini sudahlah berlaku dari sejak nenek moyang pemeluk agama Hindu.
Umat Hindu sedang disibukkan dengan serangkaian aktivitas menyambut haru raya Nyepi yang terjadi hari ini, tanggal 17 Maret 2018. tradisi ini sebenarnya merupakan pergantian tahun Saka, dari kehidupan lama menuju kehidupan yang baru, Nyepi sendiri berasal dari kata sepi atau hening yang artinya pada hari itu semua proses aktivitas harus dihentikan untuk kemudian melakukan ritual penyepian atau Ibadah.

Penyepian ini memanglah berlaku untuk siapa saja, untuk penduduk asli Bali dan pendatang atauoun turis, pada hari raya Nyepi, akses ke bandara juga di tutup unuk selama 24 jam, ternyata pada hari ini memang semua penduduk Bali tidaklah boleh melakukan beberapa hal seperti berikut ini.

Tidak Boleh Menyalahkan Sesuatu Yang Bercahaya Bahkan Lilin
Yang memang paling dikenal dari Nyepi itu adalah upacara Melasti, yakni penyucian di tepi pantai sebagai lambang ketulusan dan pengabdian, tidak hanya itu ternyata, pada saat nyepi, terdapat beberapa hal yang pantang dilakukan, masyarakat setempat menyebutkan dengan Catur Brata. larangan ini berisi empat pokok peraturan, salah satunya itu adalah tidaklah boleh menyalakan api dan sesuatu yang bercahaya. api didalam kepercayaan orang Hindu dapat diartikan sebagai hawa nafsu, tidaklah menghidupkan api atau cahaya adalah salah satu dari cara untuk mengendalikan hal itu, pada saat Nyepi, pasokan lsistrik juga berkurang, beberapa desa malah meminta pemadaman listri secara tota; dari pihak PLN.

Tidak Boleh Bekerja
Bukan hanya pekereja saja yang cuti kerja saat Nyepi, semua warga Hindu juga tidaklah boleh bekerja selama seharian penuh. kegiatan berlibur bersama ini dinamakan Amati karya, mereka juga akan berdiam diri di rumah, mengevaluasi apa saja yang sudah dilakukan selama setahun, bermanfaat atau tidak? apakah mereka itu sudah melakukan hal yang terbaik selama setahun, selain introfeksi diri, mereka jua akan memb8aut perencanaan yang matang mengenai hal yang memang harus di perbuat di tahun baru ke depannya.

Di Baca Juga : Inilah Sejumlah Pekerjaan Yang Ternyata Memicu Asal Dari Perselingkuhan

Tidak Ada Acara Liburan Maupan Bersenang-Senang
Kalau kita itu memanfaatkan moment Nyepi untuk berlibur dan refreshing, anda perlu tahu jika di tempat asalnya, Bali, hal itu malah menjadi sebuah larangan, tepatnya di hari Nyepi, semua orang tidaklah boleh berlibur atau bersenang-senang, pada hakikatnya inilah filosofi dari Nyepi, yakni menghindari diri dari semua hal yang bersifat duniawi semata, mereka itu lebih berfokus berdiam diri didalam ruamh, tanpa ada aktivitas yang mengganggu penyepian mereka.

Janganlah Bepergian Selama Nyepi
Seperti penjelasan yang ada di atas bahwa akses bandara juga akan ditutup selama 24 jam, itu berarti tidak akan ada turis yang datang didalam hari itu, tidak hanya bandara, masyarakat juga akan dibatasi untuk beraktivitas diluar rumah. saat nyepi tiba, banyak wisatawan yang menghindari berlibur dari hari itu karena jalanan Bali lebih sepi dari biasanya, semua fasilitas juga ditutup, tidak banyak wisata yang dapat menikmati selain melihat ogoh-ogoh dan menyaksikan beberapa upacara adat sehari sebelum Nyepi.

Tidak Ada Hiburan Yang Dapat Di Nikmati
Jika listrik di beberapa titik di Bali itu melakukan pemadaman total, hiburan juga akan dikatakan tidak ada, hiburan disini dapat diartikan seperti televisi dan sinyal seluler yang biasanya memang digunakan untuk akses internet,SMS, ataupun telepon, untuk televisi, beberapa hotel juga tidaklah membolehkan menyalakan televisi saat nyepi, sedangkan akses telepon seluler, pemerintah memasrahkan hal itu pada operator masing-masing, menteri komunikasi dan informatika.

Beberapa hal yang tidak boleh dilanggar tersebut merupakan bukti dari keeratan hubungan umat Hindu dan Tuhannya, aturan itu sudah ada sejak puluhan bahkan ratusan tahun dan sudah menjadi sebuah tradisi warisan yang tidak boleh di tinggal, untuk perayaan Nyepi, marilah sama-sama kita menghormati, saling menjaga keharmonisan antar pemeluk agama, selamat hari Nyepi untuk yang merayakannya.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Tube

Tube

Liputan Hidup

Liputan Hidup selalu berusaha memberikan informasi yang terbaik seputar Judi Online, Berita Unik, Percintaan. DLL.
Diberdayakan oleh Blogger.

Author

Pages

Popular Post

Blog Archive