Berita Ekonomi Dunia, Sejumlah Negara Yang Terancam Bangkrut 2019

Setelah melalui proses yang begitu panjang sampai akhirnya ke pengadilan, dan akhirnya kami rangkum di Berita Ekonomi Dunia, bahwa Argetina akhirnya telah gagal membayar utangya yang telah jatuh tempo alias default. Dari lembaga pemeringkat Standart dan Poor yang telah mengumumkan status dari default Argentina setelah negara tersebut tidak dapat mencapai kesepakatan dengan kreditor sampai batas waktu yang ditentukan terakhir 31 Juli Kemarin.’

Argentina bukanlah satu-satunya negara yang saat ini sedang mengalami kesulitan untuk membayar utang luar negerinya dan diambang kebangkrutan yang bisa membuat mereka miskin. Lembaga pemeringkat lainnya yakni Moody’s Investor Service juga telah mempunyai daftar lima negara yang akan terancam bangkurt karena utang luar negeri yang besar.

5 Negara Dengan Berita Ekonomi Dunia Yang Buruk

Ekuador

Peringkat utang dari negera Ekuador merupakan Caa1 dengan jumlah utang dari pemerintah jika dibandingkan dari Produk Domestik Bruto adalah 24,8%. PBD di tahun 2014 yakni 10.492 dolar Amerika per kapita. Ekuador juga telah mengalami status defalt terakhir kali di tahun 2008. Saat itu Presiden Rafael Correa menggambarkan utang luar negeri Ekuador sebagai hal yang immoral dan juga tidak mempunyai legitimasi. Membumbungnya utang luar negeri yang dikarenakan adanya korupsi yang terjadi di masa lalu.

Pakistan

Peringatan utang dari negara Pakistan adlah Caa1 dengan jumlah pemerintah dibandingkan dengan PDB adalah 63,7%. PDB per kapita pada tahun 2014 adalah 3,231 dolar Amerika. April lalu dari Pakistan mengeluarkan obligasi pertama di dalam tujuh tahun terakhir dan meraup 2 miliar dolar Amerika. Dari Pakistan yang juga mempunyai itang miliaran dari dolar Amerika kepada IMF. Pakistan yang nyaris mengalami default pada tahun lalu sebelum diselamatkan oleh Dana Moneter Internasional.

Berita Ekonomi Dunia Yang Buruk

Mesir

Peringkar utang Mesir adalah Caa1 dengan jumlah utang pemerintah jika dibandingkan dengan Produk Demoestik Bruto adalah sebesar 91,3%. PDB pada tahun 2014 yakni 6.696 dolar Amerika. Krisis politik yang sangat berkepanjangan di Mesir telah membuat investor kembali hengkang dari negara tersebut. Akibarnya Moddy juga menurunkan peringkat utang dari Mesir  menjadi Caa1 pada Maret 2013. Presiden dari Mesi Abdel Fattah mengeluarkan juga kebijarkan untuk menurunkan difisit anggaran dimulai 1 Juli 2014.

Venezuela

Peringkat utang dari negara Venezuela adalah Caa1 dengan jumlah utang dari pemerintah yang dibandingkan dari PDB sebesar 51,6%. PDB per kal=pita pada tahun 2014 sebesar 13.531 dolar Amerika. Kebutuhan dari Venezeula terhadap uang tunai di dalam jangka yang pendek dapat membuat masalah dimasa yang akan datang. Presiden Nicolas Maduro berencana juga mengeluarkan oblogasi melalui perusahaan minyak Petroleos de Venezuela untuk dapat meningkatkan mata uang asing di dalam negeri mereka tersebut. Kebijakan itu telah membuat inflasi di negara mereka melonjak menjadi 40,7% di tahun 2013. Dan itu membuat negara mereka menjadi krisis sampai sekarang ini, bahkan dikatakan bangkrut.

Belize

Peringkat utang negara Belize adalah Caa2 dengan jumlah utang pemerintah dibandingkan dari PDB yang sebesar 80,4%. PDB per kapita pada tahun 2014 sebesar 8,915 dolar Amerika. Belize merupakan sebuah negara kecil di Amerika Tengah dengan populasi kurang dari 500 ribu jiwa. Negara tersebut sudah mengalami kesulitan membayar utang didalam bebrapa tahun terakhir. Mereka menerima status default satu dekade lalu. IMF juga memprediksikan total dari utang Belize akan mencapai 80,4% dari produk Dmoestik Bruto pada tahun 2014. (USAToday).

Dan, itulah kelima negara dengan Berita Ekonomi Dunia yang sedang dalam keadaan terancam bangkrut di tahun 2019 ini. Terima kasih untuk kalian yang telah membaca artikel dari Liputanhidup kami berharap untuk melakukan share artikel ini juga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here